Y.M. BHIKKHU WONGSIN LABHIKO MAHATHERA


Kita semua disini tahu siapakah Bhante Wongsin? Beliau adalah seseorang yang amat sangat berjiwa sosial. Beliau juga merupakan seseorang yang selalu memberikan kita semua nasehat agar kita dapat menjadi lebih baik dalam kehidupan sekarang maupun yang akan datang. Dan untuk itu kami redaksi mengadakan wawancara langsung terhadap Beliau. Berikut wawancara kami dengan Beliau;

Kapan Bhante pertama kali datang ke Indonesia ?
Pada bulan Juni tahun 1991, tinggal di Bandung selama 11 bulan dan pulang kembali ke Thailand. Pada waktu itu Bhante diajak oleh Y.M. Bhante Sujivo untuk membantu membangun Vihara di Bandung. Sebenarnya kemampuan Bhante waktu itu belum ada & Bhante ke Indonesia hanya ingin mendapatkan pengalaman.
Pada tahun 1999, Bhante diberi tugas oleh Somdet Sangha Raja Thailand untuk membantu tugas Dhammaduta menggantikan Y.M. Bhante Sujivo di Bandung sejak bulan Februari 1999. Kemudian Bhante mulai belajar Bahasa Indonesia, tetapi belum bisa digunakan untuk ceramah, walaupun sudah 1 tahun di Indonesia.

Sebagai Duta Dhamma setelah Bhante berdiam di Indonesia, apa pendapat Bhante tentang umat Buddha yang ada di Indonesia ?
Kalau dilihat dari pertama sampai sekarang, umat Buddha di Indonesia sangat bersemangat untuk belajar Dhamma. Hal itu dapat dilihat dari perkembangan batin yang sangat baik dan mempunyai pengertian tentang hubungan bhikkhu dengan umatnya.

Setelah Bhante menjadi Kepala Dhammaduta di Indonesia, bagaimana hubungan Bhante dengan Sangha di Indonesia dan cara apa yang Bhante lakukan agar terjalin hubungan kerjasama yang baik ?
Semuanya berjalan biasa-biasa saja. Ada pertemuan dengan Y.M. Bhante Paññavaro Mahathera selaku bhikkhu tertinggi di Sangha Theravada Indonesia dan Bhante beserta para Bhante yang lainnya tetap berhubungan baik/berteman dengan bhante-bhante di Indonesia.

Kami berterima kasih atas kepedulian Bhante terhadap pendidikan di Indonesia khususnya di Dharma Widya, lalu mengizinkan kami untuk melakukan puja bakti di Cetya Dharma Widya. Apa tanggapan Bhante tentang Cetya Dharma Widya ?
Bhante bertujuan untuk membabarkan Dhamma dalam lembaga pendidikan seperti sekolah ini. Dengan adanya sekolah ini kita semua bisa menjaga kelestarian BuddhaDhamma, dan juga dapat mengajarkan pengertian tentang Dhamma kepada orang tua maupun para murid. Selain itu juga dapat membantu mereka yang berminat untuk menjalankan hidup sebagai umat Buddha menjadi Bhikkhu/Samana.
Cetya Dharma Widya . . . . Sangat Baik. . . Umat-umat disekitarnya sangat antusias untuk melakukan puja dan belajar Dhamma.

Apa pesan & saran Bhante untuk Cetya Dharma Widya ?
Cetya Dharma Widya kalau bisa membuat daftar anggota, setiap bulan bertambah atau berkurang. Kemudian mengadakan suatu kegiatan yang dapat mempererat kesatuan umat, seperti membuat makanan, kesenian, bernyanyi, tarian, dan keterampilan lainnya.

Apa harapan Bhante untuk Cetya Dharma Widya, sehingga kami semua disini bisa belajar lebih banyak dan dalam tentang Dhamma ?
Bhante berharap Cetya Dharma Widya bisa menjadi sebuah grup untuk belajar Dhamma, dan setelah 5 bulan bisa ikut ujian Dhamma.